Jumat, 28 Mei 2010

SOFT DRINK BIKIN LEMAS OTOT ??


Kamu penggemar soft drink ? Kalo iya, sudah sepatutnya kamu harus waspada terhadap komposisi yang ada didalam takaran minuman bersoda. Konon kabarnya, dalam komposisi bahan yang ada di dalam soft drink bisa bikin tubuh nggak stabil loh. Bisa bikin tipis potassium dalam tubuh. Sehingga, dapat membuat otot-otot menjadi lemas. Bahaya fatalnya adalah kelumpuhan khususnya buat yang gemar mengkomsumsi minuman ringan bersoda lebih dari satu liter per/harinya.

Hal ini bukan isapan jempol atau mengada-ada. Dr.Moses Elisaf dari Universitas Ioannina, Yunani mengungkapkan bahwa banyak sekali orang yang mengonsumsi soft drink secara berlebihan. So far, yang di catatnya sudah ada enam kasus penipisan Potasium. Penyebabnya nggak lain akibat meminum soda mulai dari 2 sampai 9 liter sehari. Memang belum ada yang sampai terjadi kelumpuhan sih. Karena dari beberapa pasiennya cukup cepat tanggap. Banyak dari mereka yang dengan sigap menghentikan kebiasaan mengonsumsi soft drink secara over. Sehingga bisa pulih dengan segera.

Kata sang Dokter, kalo memang ada kasus semacam ini, kuncinya hanya meminum suplemen potassium untuk menstabilkan kondisi otot yang hilang. Maklum aja, Ion potassium merupakan bagian dari mineral. Sementara potassium terdapat dalam jaringan dan sel dalam tubuh. Meminum cairan yang menambah Ion tubuh salah satu alternatifnya.

Berhubung banyaknya orang yang nggak tahu komposisi dalam soft drink, banyak dokter yang mengharapkan pada produsen minuman memberikan edukasi pada konsumennya. Ya setidaknya seperti iklan rokok yang terdapat info tentang akibat bahaya merokok. So, udah seharusnya para produsen yang beriklan harus mempromosikan aturan main dalam mengonsumsi minuman dalam batas normal. Ya tujuannya agar konsumen dapat mengurangi kebiasaan meminum soft drink berlebihan. Minimal tahu aturan agar dapat menjaga kesehatannya. Setujuuuu… ^_^

Sumber : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar