Rabu, 26 Mei 2010

Audit Prosedur Untuk Transaksi Pihak Terkait

NAMA : LINA SEPTIAWATI
KELAS : 3EB06
NPM : 20207659
TUGAS : TRANSLET JURNAL BHS. INGGRIS
SUMBER : http://accounting-financial-tax.com/2010/02/audit-procedures-for-related-party-transactions/


Perhatian khusus untuk pihak terkait memiliki sejarah panjang dalam audit. Dari auditor'perspektif, pihak terkait memiliki dua transaksi yang berbeda, tetapi tidak saling eksklusif, aspek-aspek: pengungkapan yang memadai dan deteksi penipuan. Beberapa pihak terkait mungkin transaksi akibat langsung dari hubungan. Tanpa hubungan itu, transaksi tersebut tidak mungkin terjadi pada semua atau mungkin memiliki istilah yang berbeda secara substansial. Jadi, pengungkapan sifat dan jumlah transaksi dengan pihak terkait diperlukan untuk pemahaman yang tepat atas keuangan laporan. pengungkapan yang tidak memadai dari transaksi pihak terkait dapat menghasilkan laporan keuangan yang menyesatkan, dan auditor harus peduli dengan mengidentifikasi transaksi tersebut di audit dan mengevaluasi kecukupan pengungkapan dari mereka.

Apa prosedur audit untuk Transaksi pihak terkait? Bagaimana Mengidentifikasi keberadaan pihak terkait? Posting ini menjelaskan prosedur untuk transaksi pihak terkait, diadaptasi dari SAS 45 [terutama] dan PSAK. Nikmati!

Contoh-Pihak Terkait Transaksi

Sebelum prosedur, Mari kita lihat pada dua transaksi berikut pihak terkait:

Contoh: Pihak Terkait Transaksi-1

Sebuah Direktur Perusahaan adalah kepala di dua perusahaan yang distributor dari produk Perusahaan. Total penjualan perusahaan-perusahaan terkait agregat $ 86.000 pada tahun 2010 dan $ 91.000 di tahun 2009. Pada tanggal 31 Agustus 2010, perusahaan ini berutang perusahaan $ 35.983, yang $ 25,525 itu utang luar Perusahaan normal kredit istilah.

Contoh: Pihak Terkait Transaksi-2

Perusahaan menempati lokasi yang disewa dari dua pemegang saham-perwira yang $ 74.000 telah dibayarkan pada tahun 2010 dan $ 27.000 telah dilunasi pada tahun 2009. Perjanjian sewa guna usaha panggilan untuk pembayaran di masa mendatang minimal $ 86.000 pada tahun 2011, $ 94.000 pada tahun 2012, $ 101.000 pada tahun 2013 dan $ 114.000 pada tahun 2014. Perusahaan dipinjamkan $ 102.000 untuk pemegang saham ini petugas-untuk menyediakan uang muka untuk pembelian properti mereka di tahun 2008. Pinjaman ini telah dilunasi pada tahun 2009.

Dengan kedua contoh, sekarang Anda harus bisa melihat lebih jelas apa-pihak terkait transaksi.

Sumber Prosedur

Secara umum, auditor harus peduli, namun, dengan kemungkinan bahwa hubungan yang tidak diungkapkan dengan pihak ke transaksi material telah digunakan untuk membuat transaksi. Artinya, transaksi dapat palsu atau tanpa substansi. SAS 45 jelas mengakui kemungkinan bahwa hubungan istimewa dapat menjadi alat untuk penipuan oleh manajemen. SAS 6 dikeluarkan terutama dalam menanggapi beberapa kasus penipuan di mana keterlibatan manajemen dalam transaksi material dikaburkan baik oleh pengungkapan yang tidak memadai atau penyembunyian langsung. SAS lebih berorientasi dari pengungkapan penipuan berorientasi Namun, karena penipuan adalah pengecualian dan bukan norma. Namun demikian, auditor harus menyadari kemungkinan penipuan. SAS diamati karena ketiadaan bukti yang bertentangan, transaksi dengan pihak terkait tidak boleh diasumsikan berada di luar kegiatan usaha normal.

auditor harus melihat transaksi pihak terkait dalam rangka pernyataan yang ada, menempatkan penekanan utama pada kecukupan pengungkapan. Selain itu, auditor harus menyadari bahwa substansi transaksi tertentu dapat secara signifikan berbeda dari bentuknya. Ketika dikeluarkan, SAS 6 memberikan panduan mengenai pengungkapan transaksi pihak terkait karena akuntansi sastra tidak berisi panduan tersebut. PSAK 57 dasarnya ditransfer bahwa bimbingan ke literatur akuntansi otoritatif. Saat itu, oleh karena itu, tidak lagi diperlukan atau tepat untuk audit standar untuk mengandung standar akuntansi 45. SAS referensi dieliminasi untuk pertimbangan akuntansi dan persyaratan pengungkapan yang ada di SAS 6.

Contoh: Perhatian Memanggil Ayat Laporan Auditor Untuk Keberadaan Istimewa

Jika auditor memutuskan untuk menarik perhatian pengguna untuk transaksi pihak terkait, Namun, dia mungkin termasuk paragraf penjelasan dalam laporan terpisah. Berikut ini adalah sebuah paragraf terpisah dari laporan auditor pada audit laporan keuangan gabungan dari pembiayaan sewa guna usaha dan anak perusahaan:

"Para anak perusahaan pembiayaan sewa guna usaha dan melakukan transaksi signifikan dengan ABC Inc seperti yang dijelaskan dalam Catatan 2 dari catatan atas laporan keuangan gabungan".


Prosedur dasar untuk Audit Pihak Terkait Transaksi

Suatu audit tidak bisa diharapkan untuk memberikan jaminan bahwa semua pihak transaksi terkait akan ditemukan. Namun demikian, auditor harus menyadari:

• Kemungkinan bahwa transaksi pihak terkait-materi ada yang dapat mempengaruhi laporan keuangan.
• kepemilikan umum atau hubungan kontrol manajemen yang diperlukan oleh PSAK 57 untuk diungkapkan meskipun tidak ada transaksi. Dalam menentukan ruang lingkup pekerjaan yang harus dilakukan, auditor harus memperoleh pemahaman tentang tanggung jawab manajemen dan hubungan dari masing-masing komponen entitas terhadap entitas total. auditor harus mempertimbangkan kontrol atas manajemen kegiatan dan tujuan bisnis yang dilayani oleh berbagai komponen.

Catatan: Bisnis struktur dan gaya operasi kadang-kadang sengaja dirancang untuk mengaburkan transaksi pihak terkait.

auditor harus menyadari bahwa transaksi berikut ini mungkin mengindikasikan pihak terkait:

• Transaksi untuk meminjam atau meminjamkan tanpa bunga atau tingkat signifikan berbeda dari harga pasar.
• Penjualan real estat dengan harga yang signifikan berbeda dari nilai yang dinilai.
• Sebuah pertukaran non-moneter properti untuk properti yang sama.
• Pinjaman yang dilakukan tanpa persyaratan dijadwalkan untuk waktu atau metode pembayaran.

Berikut ini adalah faktor yang auditor harus menyadari bahwa mungkin memotivasi transaksi dengan pihak terkait:

• Apakah ada kekurangan modal kerja yang cukup atau kredit untuk melanjutkan bisnis?
• Apakah manajemen memiliki keinginan yang mendesak untuk data pendapatan terus menguntungkan untuk mendukung harga saham entitas?
• Apakah ramalan laba terlalu optimis?
• Apakah entitas bergantung pada satu atau beberapa produk, pelanggan, atau transaksi untuk kesuksesan?
• Apakah entitas dalam industri menurun dengan banyak kegagalan bisnis?
• Apakah entitas tersebut memiliki kelebihan kapasitas?
• Apakah entitas yang terlibat dalam litigasi yang signifikan, khususnya antara pemegang saham dan manajemen?
• Apakah ada bahaya besar usang karena badan berada dalam industri teknologi tinggi? \

Catatan: Ini adalah penipuan tanda-tanda peringatan "" atau faktor risiko. Kehadiran satu atau lebih faktor tidak bukti penipuan, tetapi auditor harus menaikkan atau dia kesadaran tentang kemungkinan penipuan. Jika risiko yang tinggi, auditor dapat meningkatkan cakupan tes substantif dirancang untuk mengidentifikasi hubungan yang dirahasiakan atau menggunakan beberapa prosedur diperluas disebutkan dalam SAS 45.

Pendekatan Dasar

Untuk mengidentifikasi pihak terkait transaksi material auditor harus:


• Mengidentifikasi pihak hubungan istimewa (melalui penyelidikan dan peninjauan informasi yang relevan untuk menentukan identitas dari pihak terkait sehingga transaksi material dengan pihak terkait diketahui dapat diperiksa). [Catatan: Menurut SAS 45, auditor harus menempatkan penekanan pada pengujian bahan diidentifikasi pihak terkait] transaksi.
• transaksi yang material Identifikasi (mempertimbangkan apakah ada indikasi dari hubungan sebelumnya tidak diungkapkan untuk transaksi material).
• Periksa transaksi diidentifikasi pihak terkait materi.

Catatan: Dalam SAS 45, prosedur pada dasarnya dikelompokkan dalam kategori sebelumnya. Dalam diskusi berikut, sebuah kelompok yang berbeda digunakan untuk menekankan perbedaan antara prosedur khusus untuk pihak terkait dan prosedur umum.

Prosedur Khusus

SAS 45 mencakup beberapa prosedur yang dilakukan semata-mata untuk tujuan mengidentifikasi pihak terkait atau pihak yang terkait transaksi:

[1]. Meminta petunjuk manajemen
• Nama dari semua pihak terkait.
• Apakah ada transaksi dengan pihak selama periode berjalan.
• Apakah entitas memiliki prosedur untuk mengidentifikasi dan benar akuntansi untuk transaksi-pihak terkait. Jika demikian, mengevaluasi prosedur.
[Catatan: Ini adalah tercakup dalam surat representasi manajemen. Hal ini membantu untuk memberikan manajemen definisi teknis dari pihak terkait pada saat penyelidikan awal dan dalam] surat.

[2]. Dapatkan nama semua pensiun dan kepercayaan lain yang dibentuk untuk kepentingan karyawan dan nama-nama pejabat dan pengurus dari trust.

[3]. Review entitas daftar pemegang saham dipegang dan mengidentifikasi pemegang saham utama.

[4]. Menyediakan staf audit dengan nama-nama pihak terkait diketahui sehingga mereka dapat mengidentifikasi transaksi dengan pihak-pihak tersebut.

[5]. Untuk indikasi hubungan yang tidak diungkapkan, meninjau sifat dan tingkat usaha dilakukan dengan besar:
• Pelanggan;
• Pemasok;
• Peminjam; dan atau
• Lender;

[6]. Mempertimbangkan apakah transaksi yang terjadi tapi tidak diberikan pengakuan akuntansi, seperti klien menerima atau memberikan akuntansi, manajemen, atau layanan tanpa biaya, atau pemegang saham utama menyerap biaya perusahaan.

Prosedur Umum

Prosedur dalam SAS 45 untuk mengidentifikasi pihak terkait dan untuk mengidentifikasi transaksi dengan pihak terkait termasuk beberapa prosedur yang biasanya dilakukan dalam audit. Ini adalah prosedur normal dilakukan untuk beberapa tujuan yang mungkin juga mengidentifikasi pihak terkait.


Prosedur Umum dan Relevansi Its Hubungan Istimewa

• tahun audit 'dokumentasi sebelum Review. Relevansi kepada pihak terkait: Identifikasi nama pihak terkait diketahui.
• Review menit rapat dewan direksi dan eksekutif atau komite operasi. Relevansi kepada pihak terkait: Memperoleh informasi tentang transaksi material yang berwenang atau dibahas.
• konfirmasi Tinjauan kompensasi pengaturan keseimbangan. Relevansi kepada pihak terkait: Identifikasi apakah saldo atau tetap dipertahankan untuk atau oleh pihak terkait.
• Review faktur dari firma hukum untuk layanan reguler atau khusus. Relevansi kepada pihak terkait: Mengidentifikasi indikasi pihak terkait atau transaksi dengan pihak terkait.
• konfirmasi Review pinjaman piutang dan hutang. Relevansi kepada pihak terkait: Identifikasi apakah ada jaminan dan sifat hubungan dengan penjamin.
• transaksi yang material investasi Review. Relevansi kepada pihak terkait: Tentukan apakah investasi dibuat pihak terkait.
• Review catatan akuntansi untuk besar, tidak biasa, atau transaksi atau saldo tidak berulang, terutama pada atau dekat akhir periode pelaporan. Relevansi kepada pihak terkait: Pertimbangkan apakah transaksi dengan pihak terkait.
• Bertanya pendahulunya, pokok, atau auditor entitas lainnya yang terkait (penyelidikan ini harus dilakukan pada tahap awal audit). Relevansi kepada pihak terkait: Mendapatkan pengetahuan mereka dengan pihak terkait atau pihak yang terkait transaksi.


Prosedur untuk Perusahaan Publik

Beberapa prosedur dalam SAS 45 hanya relevan bagi perusahaan publik:

• Review publikasi dengan SEC dan badan pengatur lainnya untuk nama-nama pihak terkait dan untuk bisnis lainnya di mana pejabat dan direksi menempati posisi direktur atau manajemen lainnya.
• Review proxy dan materi lainnya yang disampaikan ke SEC dan data mengajukan sebanding dengan lembaga-lembaga yang berwenang lainnya untuk informasi mengenai transaksi yang material dengan pihak terkait.
• Review "konflik-dari-bunga" laporan yang diperoleh entitas dari manajemen.

Prosedur Transaksi Identified

Setelah transaksi pihak terkait diidentifikasi, auditor harus mendaftar tes substantif untuk transaksi tersebut. Permintaan manajemen tidak cukup. Menurut AU 334,09, prosedur yang harus diperhatikan adalah:

• Perolehan pemahaman tentang tujuan bisnis transaksi's CATATAN [: Sampai auditor memahami arti transaksi bisnis, ia tidak dapat menyelesaikan] audit.
• Meneliti faktur, dieksekusi salinan perjanjian, kontrak, dan dokumen terkait lainnya, seperti menerima laporan dan pengiriman dokumen.
• Menentukan apakah transaksi tersebut telah disetujui oleh dewan direksi atau pejabat lain yang sesuai.
• Pengujian untuk kewajaran penyusunan jumlah yang harus diungkapkan atau dipertimbangkan untuk pengungkapan.
• Memeriksa atau konfirmasi dan mendapatkan jaminan kepuasan yang dapat ditransfer dan dinilai tepat.
• Untuk rekening antar-perusahaan saldo (a) Mengatur untuk pemeriksaan pada tanggal bersamaan, bahkan jika tahun fiskal berbeda (b) Mengatur untuk pemeriksaan yang ditetapkan, penting, dan perwakilan transaksi dengan pihak yang terkait oleh auditor untuk masing-masing pihak dengan pertukaran informasi yang relevan .

Catatan: Sebuah-lain hubungan auditor auditor utama mungkin ada dan komponen tidak diaudit oleh auditor utama mungkin telah melakukan transaksi-pihak terkait yang kompleks atau biasa. Dalam keadaan ini, auditor utama harus meminta akses ke auditor audit dokumentasi lain tentang hal ini.

Prosedur diperluas

Jika auditor menyimpulkan bahwa perlu untuk sepenuhnya memahami transaksi pihak terkait, ia harus mempertimbangkan prosedur berikut ini yang mungkin tidak perlu dinyatakan:
• Konfirmasi jumlah dan persyaratan transaksi, termasuk jaminan dan data penting lainnya, dengan pihak lain.
• Memeriksa bukti menjadi milik pihak lain.
• Konfirmasi atau mendiskusikan informasi yang signifikan dengan perantara (bank, penjamin, agen, atau pengacara).
• Jika ada alasan untuk percaya bahwa bahan transaksi dengan pelanggan asing, pemasok, atau orang lain kurangnya substansi, lihat publikasi keuangan, jurnal perdagangan, lembaga kredit, dan sumber informasi lainnya.
• Memperoleh informasi tentang kemampuan keuangan pihak lain untuk bahan saldo tertagih, jaminan, atau kewajiban lainnya.


Representasi Kesetaraan

Tidak mewakili perlu dibuat dalam laporan keuangan yang terkait pihak transaksi dilakukan pada hal setara dengan orang-orang yang berlaku dalam transaksi ketentuan pasar yang wajar-panjang. Jika pernyataan dibuat bahwa negara atau menyiratkan bahwa, PSAK 57 mensyaratkan bahwa entitas harus mampu untuk mendukung mereka. Dengan demikian, auditor harus mempertimbangkan apakah ada dukungan yang cukup untuk seperti representasi, jika dibuat, dan tepat memenuhi syarat pendapat nya jika tidak ada dukungan seperti itu. Catatan: Kurangnya bukti representasi dilakukan pada kesetaraan transaksi pihak terkait materi akan menghasilkan pendapat yang memenuhi syarat atau merugikan karena keberangkatan dari GAAP.


Teknik Untuk Aplikasi

Evaluasi Awal Risiko - Sebuah evaluasi awal mengenai kemungkinan-pihak yang terkait transaksi biasanya dilakukan selama perencanaan audit ketika kuesioner pengkajian risiko selesai. Evaluasi ini meliputi:
• Perolehan pemahaman tentang struktur dan tanggung jawab manajemen entitas.
• Mengingat tujuan bisnis dari berbagai komponen entitas.
• Mengingat kesadaran kontrol dalam entitas dan kontrol atas manajemen kegiatan.

Tujuan Dari Prosedur Audit Dirancang khusus Untuk Transaksi Hubungan Istimewa - Tujuan dari prosedur audit yang dirancang khusus untuk transaksi pihak terkait untuk menentukan keberadaan pihak terkait dan untuk mengidentifikasi transaksi-pihak terkait yang signifikan, termasuk mereka yang tidak diakui dalam catatan akuntansi. Jika auditor mengidentifikasi transaksi-pihak terkait yang signifikan, dia harus memeriksa transaksi ini dan menilai kecukupan pengungkapan mereka. auditor juga berkaitan dengan kecukupan pengungkapan ketergantungan ekonomi.
Menentukan Keberadaan Istimewa - Keberadaan beberapa pihak terkait, seperti orang tua-anak, investor-asosiasi dan afiliasi, sudah jelas. Untuk menentukan keberadaan pihak terkait lainnya, prosedur audit spesifik yang diperlukan.
Mengidentifikasi-Pihak Terkait Transaksi - transaksi pihak terkait dan transaksi serupa yang membutuhkan pengungkapan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
• Mereka diakui dalam catatan akuntansi.
• Tidak ada biaya-transaksi.
• Mereka yang menciptakan ketergantungan ekonomi.
No-Charge Transaksi - Kadang-kadang pihak terkait menyediakan jasa yang tidak diberikan pengakuan akuntansi. Contoh dari layanan ini adalah sebagai berikut:
• Akuntansi dan manajerial.
• Kredit dan koleksi.
• Profesional.

Untuk mengidentifikasi gratis-transaksi, auditor harus membandingkan biaya dengan penjualan, dan ..:
• Menyelidiki penyimpangan dari standar industri.
• Menyelidiki penyimpangan dari tahun sebelumnya.
Ini adalah dasarnya prosedur analitis
Transaksi Itu Buat Ketergantungan Ekonomi - PSAK 57 tidak menangani masalah ketergantungan ekonomi. Pihak terkait tidak ada semata-mata karena salah satu pihak secara ekonomi tergantung pada yang lain. Jika salah satu pihak pengaruh yang signifikan terhadap yang lain, bagaimanapun, situasi pihak terkait tidak ada dan harus diungkapkan. Dalam situasi di mana ketergantungan ekonomi tidak menciptakan pihak terkait, pengungkapan masih mungkin diperlukan untuk menjaga laporan keuangan dari yang menyesatkan.
Meneliti-Pihak Terkait Transaksi - Ketika auditor mengidentifikasikan transaksi pihak terkait, ia harus menganalisa mereka untuk menentukan berikut:
• Tujuan dari transaksi.
• Sifat dari transaksi.
• Besarnya transaksi.
• Pengaruh transaksi terhadap laporan keuangan.

Untuk menentukan sebelumnya, auditor menerapkan prosedur audit yang normal dan mungkin juga untuk menerapkan prosedur audit yang diperpanjang.
Surat Representasi Manajemen - Banyak informasi tentang pihak-pihak terkait diperoleh melalui penyelidikan manajemen. Respon untuk pertanyaan ini harus diformalkan dalam surat representasi manajemen. Jika tidak ada pihak yang terkait transaksi terjadi, sebuah pernyataan untuk efek yang seharusnya muncul dalam surat representasi manajemen. Jika pihak terkait transaksi terjadi, berikut harus diperhatikan:
• Identifikasi pihak-pihak terkait.
• Identifikasi transaksi.
• Sifat dari transaksi.
• Jumlah transaksi.

Auditor juga harus mempertimbangkan memperoleh tertulis pernyataan dari senior manajemen klien dan direksi tentang apakah mereka atau pihak terkait lainnya terlibat dalam transaksi dengan entitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar